Peranan E-commerce Dalam Ekonomi Aktif
Peran E-Commerce dalam Ekonomi Aktif
Berkembangnya
dunia maya maka berkembang pula lah berbagai bentuk macam web ataupun blog.
Kemudian mulai muncullah berbagai macam iklan , dari berbagai alamat web yang
menawarkan pemasangan iklan juga request pemasangan iklan.
Dengan
adanya iklan diberbagai dunia maya ini , memberikan banyak pendapatan,
pendapatan yang didapatkan pun berbeda-beda sesuai dengan dari mana tempat kita
request pemasangan iklan.
Dengan
cara ini, perusahaan-perusahaan dapat menjangkau pelanggan di seluruh dunia.
Pengertian E-Commerce
E-commerce
merupakan istilah yang kini banyak didengar. Menurut whatis.com mengartikan
e-commerce bahwa e-commerce itu pembelian dan penjualan barang atau jasa yang
saling berhubungan dengan internet khususnya world wide web .
Pada
website e-commerce net, e-commerce adalah menjual barang dagangan dan / jasa
melalui internet. Seluruh pelaku yang terlibat dalam bisnis praktis
diaplikasikan disini, seperti customer service, produk yang tersedia ,
kebijakan-kebijakan pengembalian barang dan uang, periklanan, dll.
Menurut
Donna Perry , pengertian e-commerce yaitu kemampuan untuk melakukan bisnis
secara elektronik melalui computer , fax, telepon , dsb. Menurutnya untuk
menjual barang/ jasa di internet , perusahaan membutuhkan :
· Komputer , bukan hanya beberapa computer , tetapi dibutuhkan
sebuah server dengan kapasitas besar dan kecepatan tinggi yang memungkinkan
secure socket layer (SSL) mempunyai enkripsi yang aman. Server ini harus
benar-benar stabil.
· Merchant account yang diperoleh memalui sebuah bank /
intitusi keuangan dan mengizinkan perusahaan menerima kartu kredit sebagai
bentuk pembayarannya. Rekening ini sebaiknya menggunakan sebuah intitusi yang
mengetahui tentang perdagangan di internet dan yang menawarkan pemrosesan
transaksi online secara real-time.
· Website , sebuah website e-commerce.
Peran E-Commerce Dalam Perekonomian
Masa Kini di Papua
Saya
ambil contoh peran e-commerce dalam ekonomi aktif di papua. Pesatnya perkembangan teknologi informasi
terutama internet di Papua telah membawa perubahan di segala bidang. Dengan
adanya e-commerce, diharapkan kakayaan alam, budaya, pendidikan dan
pariwisata dapat lebih dieksplorasi supaya dunia dapat mengetahui potensi Papua
sebagai tujuan investasi maupun tujuan wisata.
Dikarenakan
oleh kondisi geografis Papua yang sangat ekstrim dan menjadi kendala bagi orang
dari berbagai daerah untuk saling bertemu, e-commerce merupakan
alternatif bisnis yang mempunyai prospek sangat baik dengan segala
kemudahannya. Hal ini dimungkinkan karena pihak penjual (merchant)
maupun pembeli (buyer) dalam proses negosiasi tidak memerlukan proses
pertemuan yang terhalang oleh letak geografis dan waktu serta harga dapat di update
secara cepat dengan harga yang semakin kompetitif.
Untuk
keamanan dalam setiap transaksi e-commerce misalnya menggunakan kartu
kredit ataupun nomor rekening maka akan disandikan (encription) supaya
pihak ketiga atau yang sering kita kenal dengan cyber crime dapat
diminamilisir aksi kejahatanya. Perkembangan e-commerce di Papua masih
tergolong lambat, hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor diantaranya:
Infrastruktur
internet yang belum memadai, misalkan jaringan fiber optic yang belum
sampai di wilayah Papua sehingga sering terjadi gangguan dan tergantung cuaca
Perkembangan infrastruktur kota dan
kabupaten yang lambat misalnya di daerah-daerah pengunungan yang akses telepon
saja masih sulit apalagi untuk internet.
Kurangnya
sumber daya manusia (SDM) di Papua yang benar-benar menguasai sistem e-commerce
ini secara menyeluruh, yang tidak saja menguasai secara teknis juga non-teknis
seperti sistem perbankan, lalu lintas perdagangan hingga sistem hukum yang
berlaku. Salah satu alasan yang cukup utama yaitu masih kurangnya ketersediaan
informasi, mulai dari buku-buku referensi, jurnal, majalah/tabloid yang
membahas tentang e-commerce juga sarana pendidikan, seminar, workshop hingga
pusat-pusat pengembangan yang dibangun antara pemerintah, pusat-pusat
pendidikan dan tenaga ahli di bidang e-commerce.
Sistem
jaringan pengiriman yang baik dan aman masih belum terwujud, hal ini
dikarenakan situasi kemanan di Papua yang kurang kondusif.
Sedangkan peluang-peluang yang ada,
kesemuanya itu tentunya diharapkan memberikan energi atau semangat khusus bagi
semua pihak bahwa sebenarnya e-commerce dapat menjadi solusi baru bagi
ketertinggalan kita di semua bidang selama ini, seperti:
Kekayaan
alam Papua yang melimpah serta keindahan alamnya sebagai tujuan wisata bisa
dipromosikan melalui e-commerce.
Kondisi geografis Papua yang sangat
mendukung berkembangnya e-commerce. Dengan sulitnya mengakses
daerah-daerah di Papua, Ie-commerce merupakan jalan terbaik untuk bertransaksi
maupun mempromosikan barang dan jasa.
Begitu
banyaknya bahan alam yang dapat diolah menjadi produk nasional yang dapat
dipromosikan baik di dalam maupun luar negeri.
Begitu banyaknya adat-istiadat dan
budaya yang ada di Papua, merupakan sumber inspirasi bagi perkembangan usaha
kerajinan yang dapat menjadi sumber perdagangan dan komoditi pariwisata jika
dikelola dengan baik.
Mengingat
begitu pentingnya e-commerce merupakan peluang bagi para pengusaha
khususnya pengusaha kecil dan menengah untuk menembus pasar global yang pada
akhirnya akan meningkatkan daya saing ekonomi nasional. Diperlukan upaya
bersama untuk:
Sosialisasi dan edukasi pasar e-commerce
Indonesia di Papua.
Penyiapan infrastruktur fisik yang
mendukung aplikasi e-commerce.
Peningkatan kualitas produk lokal
menjadi nasional agar dapat memenuhi standar internasional dalam menembus pasar
global.
Seiring
berjalannya waktu dan semakin memadainya SDM yang siap di Papua,
infrastruktur juga terus ditingkatkan oleh pemerintah dengan e-commerse ini
kekayaan dan keindahan alam Papua bisa tereksplor sehingga ekonomi
masyarakat Papua diharapkan akan semakin baik. (BI/Cend)
Tantangan E-Commerce di Masa Depan
Revolusi
digital merubah peran pemerintah dan sector swasta. Diakhir abada ke-19 dan
memasuki era abad ke-20 , pemerintah memegang peran penting dalam membantu
pembangunan dan secara aktif mengatur infrastruktur negara. Negara federasi dan
negara bagian menggabungkan dana untuk membangun dan memelihara system jalan
raya antar negara bagian , dibidang komunikasi , pemerintah telah memberikan
monopoli ke perusahaan dan mengatur industrinya setelah pemberian tersebut
dihentikan. Banyak perusahaan besar diatur monopolinya ditingkat negara bagian
atau negara federasi.
Perkembangan
teknologi yang luas dan lingkungan tiada batas yang diciptakan untuk internet
membawa paradigma baru bagi pemerintah dan tanggung jawab sector swasta.
Membuat suatu kondisi yang optimal untuk ekonomi digital baru membutuhkan
sesuatu yang baru , pendeketan sangat terbatas untuk mempersiapkan
aturan-aturan.
Daftar pustaka:
- http://idemedia.athost.net
- http://www.kodam17cenderawasih.mil.id/pengetahuan/umum/teknologi-informasi/peran-e-commerce- dalam-perekonomian-masa-kini-di-papua/
Komentar
Posting Komentar