Peranan E-commerce Dalam Ekonomi Aktif

Peran E-Commerce dalam Ekonomi Aktif
http://personalstyle.blogdetik.com/files/2009/11/11.jpg

Berkembangnya dunia maya maka berkembang pula lah berbagai bentuk macam web ataupun blog. Kemudian mulai muncullah berbagai macam iklan , dari berbagai alamat web yang menawarkan pemasangan iklan juga request pemasangan iklan.

Dengan adanya iklan diberbagai dunia maya ini , memberikan banyak pendapatan, pendapatan yang didapatkan pun berbeda-beda sesuai dengan dari mana tempat kita request pemasangan iklan.

Dengan cara ini, perusahaan-perusahaan dapat menjangkau pelanggan di seluruh dunia.

Pengertian E-Commerce
E-commerce merupakan istilah yang kini banyak didengar. Menurut whatis.com mengartikan e-commerce bahwa e-commerce itu pembelian dan penjualan barang atau jasa yang saling berhubungan dengan internet khususnya world wide web .

Pada website e-commerce net, e-commerce adalah menjual barang dagangan dan / jasa melalui internet. Seluruh pelaku yang terlibat dalam bisnis praktis diaplikasikan disini, seperti customer service, produk yang tersedia , kebijakan-kebijakan pengembalian barang dan uang, periklanan, dll.

Menurut Donna Perry , pengertian e-commerce yaitu kemampuan untuk melakukan bisnis secara elektronik melalui computer , fax, telepon , dsb. Menurutnya untuk menjual barang/ jasa di internet , perusahaan membutuhkan :
·         Komputer , bukan hanya beberapa computer , tetapi dibutuhkan sebuah server dengan kapasitas besar dan kecepatan tinggi yang memungkinkan secure socket layer (SSL) mempunyai enkripsi yang aman. Server ini harus benar-benar stabil.
·         Merchant account yang diperoleh memalui sebuah bank / intitusi keuangan dan mengizinkan perusahaan menerima kartu kredit sebagai bentuk pembayarannya. Rekening ini sebaiknya menggunakan sebuah intitusi yang mengetahui tentang perdagangan di internet dan yang menawarkan pemrosesan transaksi online secara real-time.
·         Website , sebuah website e-commerce.


Peran E-Commerce Dalam Perekonomian Masa Kini di Papua
Saya ambil contoh peran e-commerce dalam ekonomi aktif di papua.  Pesatnya perkembangan teknologi informasi terutama internet di Papua telah membawa perubahan di segala bidang. Dengan adanya e-commerce, diharapkan kakayaan alam, budaya, pendidikan dan pariwisata dapat lebih dieksplorasi supaya dunia dapat mengetahui potensi Papua sebagai tujuan investasi maupun tujuan wisata.
Dikarenakan oleh kondisi geografis Papua yang sangat ekstrim dan menjadi kendala bagi orang dari berbagai daerah untuk saling bertemu, e-commerce merupakan alternatif bisnis yang mempunyai prospek sangat baik dengan segala kemudahannya. Hal ini dimungkinkan karena pihak penjual (merchant) maupun pembeli (buyer) dalam proses negosiasi tidak memerlukan proses pertemuan yang terhalang oleh letak geografis dan waktu serta harga dapat di update secara cepat dengan harga yang semakin kompetitif.
Untuk keamanan dalam setiap transaksi e-commerce misalnya menggunakan kartu kredit ataupun nomor rekening maka akan disandikan (encription) supaya pihak ketiga atau yang sering kita kenal dengan cyber crime dapat diminamilisir aksi kejahatanya. Perkembangan e-commerce di Papua masih tergolong lambat, hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor diantaranya:
Infrastruktur internet yang belum memadai, misalkan jaringan fiber optic yang belum sampai di wilayah Papua sehingga sering terjadi gangguan dan tergantung cuaca
Perkembangan infrastruktur kota dan kabupaten yang lambat misalnya di daerah-daerah pengunungan yang akses telepon saja masih sulit apalagi untuk internet.
Kurangnya sumber daya manusia (SDM) di Papua yang benar-benar menguasai sistem e-commerce ini secara menyeluruh, yang tidak saja menguasai secara teknis juga non-teknis seperti sistem perbankan, lalu lintas perdagangan hingga sistem hukum yang berlaku. Salah satu alasan yang cukup utama yaitu masih kurangnya ketersediaan informasi, mulai dari buku-buku referensi, jurnal, majalah/tabloid yang membahas tentang e-commerce juga sarana pendidikan, seminar, workshop hingga pusat-pusat pengembangan yang dibangun antara pemerintah, pusat-pusat pendidikan dan tenaga ahli di bidang e-commerce.
Sistem jaringan pengiriman yang baik dan aman masih belum terwujud, hal ini dikarenakan situasi kemanan di Papua yang kurang kondusif.
Sedangkan peluang-peluang yang ada, kesemuanya itu tentunya diharapkan memberikan energi atau semangat khusus bagi semua pihak bahwa sebenarnya e-commerce dapat menjadi solusi baru bagi ketertinggalan kita di semua bidang selama ini, seperti:
Kekayaan alam Papua yang melimpah serta keindahan alamnya sebagai tujuan wisata bisa dipromosikan melalui e-commerce.
Kondisi geografis Papua yang sangat mendukung berkembangnya e-commerce. Dengan sulitnya mengakses daerah-daerah di Papua, Ie-commerce merupakan jalan terbaik untuk bertransaksi maupun mempromosikan barang dan jasa.
Begitu banyaknya bahan alam yang dapat diolah menjadi produk nasional yang dapat dipromosikan baik di dalam maupun luar negeri.
Begitu banyaknya adat-istiadat dan budaya yang ada di Papua, merupakan sumber inspirasi bagi perkembangan usaha kerajinan yang dapat menjadi sumber perdagangan dan komoditi pariwisata jika dikelola dengan baik.
Mengingat begitu pentingnya e-commerce merupakan peluang bagi para pengusaha khususnya pengusaha kecil dan menengah untuk menembus pasar global yang pada akhirnya akan meningkatkan daya saing ekonomi nasional. Diperlukan upaya bersama untuk:
Sosialisasi dan edukasi pasar e-commerce Indonesia di Papua.
Penyiapan infrastruktur fisik yang mendukung aplikasi e-commerce.
Peningkatan kualitas produk lokal menjadi nasional agar dapat memenuhi standar internasional dalam menembus pasar global.
Seiring berjalannya waktu dan semakin  memadainya SDM yang siap di Papua, infrastruktur juga terus ditingkatkan oleh pemerintah dengan e-commerse ini kekayaan dan keindahan alam Papua bisa tereksplor sehingga ekonomi masyarakat Papua diharapkan akan semakin baik. (BI/Cend)


Tantangan E-Commerce di Masa Depan
Revolusi digital merubah peran pemerintah dan sector swasta. Diakhir abada ke-19 dan memasuki era abad ke-20 , pemerintah memegang peran penting dalam membantu pembangunan dan secara aktif mengatur infrastruktur negara. Negara federasi dan negara bagian menggabungkan dana untuk membangun dan memelihara system jalan raya antar negara bagian , dibidang komunikasi , pemerintah telah memberikan monopoli ke perusahaan dan mengatur industrinya setelah pemberian tersebut dihentikan. Banyak perusahaan besar diatur monopolinya ditingkat negara bagian atau negara federasi.

Perkembangan teknologi yang luas dan lingkungan tiada batas yang diciptakan untuk internet membawa paradigma baru bagi pemerintah dan tanggung jawab sector swasta. Membuat suatu kondisi yang optimal untuk ekonomi digital baru membutuhkan sesuatu yang baru , pendeketan sangat terbatas untuk mempersiapkan aturan-aturan.


Daftar pustaka:

  1. http://idemedia.athost.net
  2. http://www.kodam17cenderawasih.mil.id/pengetahuan/umum/teknologi-informasi/peran-e-commerce-    dalam-perekonomian-masa-kini-di-papua/


Komentar

Postingan Populer