E-COMMERCE
E-COMMERCE
I.
PENGERTIAN
E-COMMERCE
Disini yang pertama saya akan
bahas adalah tentang e-commerce dimana e-commerce sendiri sedang booming nya di
semua kalangan yang ada di seluruh dunia ,dan Pada era sekarang banyak sekali
seseorang atau lebih yang melebarkan usaha dagang nya melalui system jual beli
online ,yang sangat mudah dan mungkin juga dapat menghemat biaya dan waktu karena dengan
menerapkan cara seperti itu sang pemilik usaha tidak perlu mempunyai sebuah toko
untuk membuka usaha nya jadi modal yang di keluarkan tidak terlalu banyak
bayangkan dengan pemilik usaha yang memiliki toko ,bisnis ini pula dapat
menguntungkan sang pembeli ,karena dapat memilih,melihat,dan membeli semua
barang-barang yang di inginkan nya di rumah dengan menggunakan internet jadi
sang pembeli bisa dengan santai dan kapan saja membeli nya ,bukan hanya
keuntungan yang di dapat namun juga banyak di temukan kerugian nya salah satu
nya yang paling sering terjadi adalah kasus penipuan ,karena di sini sang
pemilik toko dan pembeli tidak bertemu secara langsung jadi sangat besar kasus
ini sering terjadi ,dan sering pula juga terdapat kasus dimana barang yang di
inginkan tidak sama dengan barang yang tertera pada gambar yang ada dan
terkadang sang pemilik toko sering berkilah dengan beribu alasan.
Banyak sekali orang-orang sudah memanfaatkan
e-commerce namun mereka belum tau apa itu arti dari e-commerce itu sendiri
,disini saya akan menjelaskan nya ,dari info yang sudah rangkum dari beberapa
blog-blog yang sudah saya lihat , Perdagangan
elektronik atau e-dagang (bahasa
Inggris: Electronic
commerce, juga e-commerce)
adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran
barang
dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet
atau televisi,
www, atau jaringan
komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana
elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis,
dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang
ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis
(e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana
secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing),
atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online
transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic
data interchange /EDI), dll.
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari
e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar
perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan
nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga
memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data
(databases), e-surat atau surat
elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain
seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang
ini.
E-dagang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994
pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan
periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester,
perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2
milyar pada 2003.
Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel
online yang bersifat non-travel di Amerika
Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada
tahun 2011.
II.
SEJARAH E-COMMERCE
Sejarah perkembangan E-commerce
di dunia di mulai dari kemunculan internet yang kemudian terus berkembang
sehingga timbulah E-commerce. Pada awalnya, internet merupakan koperasi
komputer yang tidak dimiliki siapapun. Internet lahir pada tahun 1969 ketika
sebuah kelompok peneliti di Departemen Pertahanan Amerika berhubungan dengan
empat komputer di UCLA, Stanford Research Institute, Universitas Utah, dan
Universitas California di Santa Barbara. Hubungan ini dilakukan untuk menciptakan
sebuah jaringan untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lain mengenai
proyek-proyek pemerintah. Jaringan ini dikenal dengan istilah ARPAnet-ARPA
merupakan singkatan dari Advanced Research Project Agency yang merupakan bagian
dari Departemen Keamanan AS. Tiga tahun kemudian, lebih dari lima puluh
universitas dan agensi-agensi militer telah terhubung bersama-sama dalam
jaringan (network), dan jaringan komputer yang lain mulai muncul di sekitar
negara bagian (country) dan dunia. Seiring dengan perkembangan ARPAnet, yang
diikuti pula dengan kerjasama jaringan antara militer dan kaum pendidik, dan
eksperimen NASA mengenai jaringan komputer, jaringan ini mulai terhubungkan
satu dengan yang lain (interconnected), inilah awal mula dipakai istilah
"Internet".
III.
JENIS-JENIS E-COMMERCE
E-Commerce terdiri atas beberapa jenis, yaitu
sebagai berikut :
1. Collaborative
Commerce (C-Commerce)
Kerjasama secara elektronik antara rekan bisnis. Kerja sama ini biasanya terjadi antara rekan bisnis yang berada pada jalur penyediaan barang (supply Chain).
2. Business-to-Consumers (B2C)
Penjual adalah suatu organisasi dan pembeli adalah individu.
3. Consumer-to-Business (C2B)
Pada jenis ini, konsumen memberitahukan barang atau layanan yang dibutuhkannya, dan selanjutnya organisasi-organisasi bersaing untuk menyediakan barang atau layanan tersebut kepada konsumen.
4. Consumer-to-consumer
Penjualan barang atau layanan antara individu.
5. Intrabusiness(Intraorganizational)Commerce
Pada jenis ini, organisasi menggunakan E-Commerce untuk meningkatkan kegiatan operasi organisasinya. Hal ini dikenal juga dengan sebutan Businessto- Employee (B2E).
6. Government-to-Citizens (G2C) and to others
Pemerintah menyediakan layanan kepada masyarakat melalui teknologi ECommerce. Pemerintah juga dapat melakukan bisnis dengan pemerintah lain (Government-to-Government / G2G) demikian juga dengan organisasi lain (Government-to-Business / G2B).
7. Mobile Commerce (m-Commerce)
E-Commerce yang dilaksanakan pada lingkungan tanpa kabel (wireless environment), seperti menggunakan telepon seluler untuk akses internet.
Kerjasama secara elektronik antara rekan bisnis. Kerja sama ini biasanya terjadi antara rekan bisnis yang berada pada jalur penyediaan barang (supply Chain).
2. Business-to-Consumers (B2C)
Penjual adalah suatu organisasi dan pembeli adalah individu.
3. Consumer-to-Business (C2B)
Pada jenis ini, konsumen memberitahukan barang atau layanan yang dibutuhkannya, dan selanjutnya organisasi-organisasi bersaing untuk menyediakan barang atau layanan tersebut kepada konsumen.
4. Consumer-to-consumer
Penjualan barang atau layanan antara individu.
5. Intrabusiness(Intraorganizational)Commerce
Pada jenis ini, organisasi menggunakan E-Commerce untuk meningkatkan kegiatan operasi organisasinya. Hal ini dikenal juga dengan sebutan Businessto- Employee (B2E).
6. Government-to-Citizens (G2C) and to others
Pemerintah menyediakan layanan kepada masyarakat melalui teknologi ECommerce. Pemerintah juga dapat melakukan bisnis dengan pemerintah lain (Government-to-Government / G2G) demikian juga dengan organisasi lain (Government-to-Business / G2B).
7. Mobile Commerce (m-Commerce)
E-Commerce yang dilaksanakan pada lingkungan tanpa kabel (wireless environment), seperti menggunakan telepon seluler untuk akses internet.
IV.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN E-COMMERCE
Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari E-Commerce:
Kelebihan E-Commerce
:
· Revenue stream baru
· Market exposure,
melebarkan jangkauan
· Menurunkan biaya
· Memperpendek waktu
product cycle
· Meningkatkan customer
loyality
· Meningkatkan value
chain
Kelemahan E-Commerce :
· Isu security
· Pembajakan kartu kredit, stock exchange fraud, banking fraud, hak
atas kekayaan intelektual, akses ilegal ke system informasi (hacking) perusakan
web site sampai dengan pencurian data.
· Ketidaksesuaian jenis dan kualitas barang yang dijanjikan,
· Ketidaktepatan waktu pengiriman barang
· No cash payment.
· Indonesia belum memiliki perangkat hukum yang mengakomodasi
perkembangan e-commerce.
· Masalah kultur, yaitu sebagian masyarakat kurang merasa puas bila
tidak melihat langsung barang yang akan dibelinya.
Jadi Meskipun banyak terdapat kekurangan dalam E-Commerce namun
peluang bisnis yang ada pada era seperti ini masih sangat besar karena
perkembangan yang ada pada masyarakat
FOOTNOTE
:
http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik
http://liaalit.blogspot.com/2013/04/kelebihan-dan-kelemahan-e-commerce.html
Komentar
Posting Komentar