TUGAS TOU 08
1. Proses
kegiatan seorang pimpinan yang harus dilakukan dengan mempergunakan cara
pemikiran ilmiah dan praktis untuk mencapai tujuan yang tetapkan melalui kerja
sama manusia dan pemanfaatan sumber daya dan waktu yang tersedia, disebut :
·
Perencanaan.
2.
Suatu cara bagaimana agar
sumber-sumber daya yang diperlukan dapat dimanfaatkan dengan setepat-tepatnya
sehingga kegiatan menajemen dapat dilaksanakan, disebut :
· Metode.
3.
Organisasi sebagai alat untuk
mencapai tujuan dapat dilihat sebagai wadah dan sebagai proses, organisasi
sebagai wadah akan bersifat :
· sebagai wadah
untuk berintegrasi, berelasi dan berkomunikasi sekelompok orang yang saling
bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu, atau dengan kata lain organisasi
sebagai wadah pelaksanaan administrasi atau manajemen. Sifatnya STATIS.
4.
Organisasi dapat dikatakan
sekelompok manusia yang dipersatukan dalam suatu kerja sama yang efisien untuk
mencapai tujuan yang sudah ditetapkan, hal ini organisasi dapat dilihat dari
segi :
· Tata kerja.
· Visi dan misi
organisasi.
5.
Sekelompok manusia yang dengan
sengaja dipersatukan dalam suatu kerja sama yang efisien untuk mencapai tujuan
yang sudah ditetapkan, disebut :
· Organisasi.
6.
Organisasi dapat bersifat memberikan
suatu kepastian dan ketentuan-ketentuan tentang pelaksanaan hubungan kerja sama
manusia, maka organisasi bersifat :
· Terstruktur /
terstandarisasi.
7.
Organisasi dapat dilihat dari
hubungan orang sebagai anggota, dari hubungan ini maka akan muncul yang disebut
:
· Dinamika
organisasi dimana menuntut perhatian pengurus dan anggotanya. Dinamika
organisasi yang harus dikelola secara cerdas dan konstruktif ialah terletak
pada konflik yang sering timbul di suatu organisasi, karena dalam kenyataannya
konflik tidak selamanya bersifat destruktif akan tetapi akan mampu meningkatkan
produktifitas suatu organisasi apabila dapat di atasi dan dikelola dengan baik.
8.
Faktor-faktor yang bersifat internal
yang mempengaruhi sifat dinamis organisasi, adalah :
·
Visi dan misi.
·
Hubungan antar
anggota organisasi.
·
Tata kerja.
9.
Dengan sifat dinamis, organisasi
dapat melakukan perubahan dan perbaikan, perubahan-perubahan tersebut
menyangkut pada hal :
· Organisasi
mengalami perubahan karena organisasi selalu menghadapi berbagai macam
tantangan. Tantangan itu timbul sebagai akibat pengaruh lingkungan (lingkungan
organisasi). Yang dimaksud dengan lingkungan organisasi adalah keseluruhan
faktor yang mempengaruhi organisasi dan kegiatan organisasi. Faktor faktor yang
mempengaruhi organisasi tersebut adalah luas, dan jumlahnya cukup banyak.
I. Faktor Intern
§ Perubahan kebijakan pimpinan
§ Perubahan tujuan
§ Pemekaran/perluasan wilayah operasi organisasi
§ Volume kegiatan yang bertambah banyak
§ Tingkat pengetahuan dan keterampilan dari para anggota
organisasi
§ Sikap dan perilaku dari para anggota organisasi
§ Berbagai macam ketentuan atau perarturan baru yang
berlaku dalam organisasi
II. Faktor Ekstern
§ politik
§ hukum
§ kebudayaan
§ teknologi
§ sumber alam
§ demografi
§ sosiologi
10.
Cara bagaimana pelaksanaan kerja
yang seefisien atas suatu tugas yang diperoleh dengan mengingat segi-segi
tujuan, peralatan, fasilitas, tenaga kerja, waktu, ruang, jarak, biaya, disebut
:
·
Tata kerja dan membuat divisi-divisi
yang dimana tiap anggota divisi mempunyai tugas dan tanggung jawab
masing-masing.
Sumber :
http://handoko-prasetyo.blogspot.com/2012/11/teori-organisasi-umum-08.html
Komentar
Posting Komentar